Cara Menurunkan Panas Tinggi Pada Anak

Kamis, 21 Maret 2019 | Penyakit
Cara Menurunkan Panas Tinggi Pada Anak - Demam adalah suatu kondisi yang biasa dialami oleh anak-anak. Demam adalah tanda bahwa tubuh sedang berusaha melawan infeksi yang menyerang tubuh. Tapi jangan panik, ibu. Karena tidak semua demam perlu diobati oleh dokter, Anda terkadang dapat mengobati demam anak dengan pengobatan rumahan.

Seorang anak dikatakan mengalami demam jika suhu tubuhnya mencapai 37 ° C atau lebih tinggi. Karena itu, ketika Anda mencurigai bahwa seorang anak demam, periksa dulu suhu tubuh Anda dengan alat pengukur suhu tubuh.

Biasanya, suhu tubuh anak berfluktuasi selama demam, lebih rendah di pagi hari dan lebih tinggi di malam hari. Bahkan anak-anak bergetar di malam hari karena suhu tubuh mulai naik. Ini mencegah anak dari tidur nyenyak di malam hari. Inilah yang biasanya membuat para ibu khawatir.

 

Anak Demam

Cara Menurunkan Panas Tinggi Pada Anak

Berikut ini hal-hal yang dapat Anda lakukan di rumah saat anak demam di malam hari.

1. Kompres dengan air hangat

Mengompres anak-anak dengan air hangat adalah cara yang banyak ibu gunakan untuk mengurangi demam anak mereka. Ini adalah metode yang telah dipraktikkan selama beberapa generasi. Pada kenyataannya, metode ini hanya untuk sementara waktu dapat mengurangi demam anak. Beberapa anak mungkin merasa tidak nyaman dengan kompres di dahi. Namun, metode ini cukup membantu mengurangi demam anak-anak.

2. Seka tubuh anak dengan air hangat

Menyeka tubuh anak dengan air hangat (29,4 hingga 32,2 ° C) dapat membantu mengatasi demam anak. Gunakan handuk kecil atau waslap untuk menyeka tubuh anak yang demam. Air hangat yang mempengaruhi kulit anak akan membantu mendinginkan tubuh dan sedikit mengurangi suhu tubuhnya (1 hingga 2 ° C selama 30 hingga 45 menit). Jangan gunakan air dingin karena air dingin membuat anak-anak kedinginan dan menaikkannya ke suhu tubuh untuk cuaca dingin.

3. Memakaikan pakaian tipis

Pakaikan anak dengan pakaian berbahan tipis dan nyaman. Pakaian yang terlalu tebal justru dapat mencegah panas tubuh anak keluar, sehingga demam anak bisa lebih tinggi. Pakaian yang lebih tipis dapat membantu panas dari dalam tubuh keluar lebih mudah.

4. Atur suhu kamar

Anda juga dapat membantu menghilangkan panas dari tubuh anak dengan membuat suhu kamar anak senyaman mungkin sehingga anak tidak kedinginan atau terlalu panas. Beri anak banyak waktu istirahat untuk mendapatkan kembali kebugarannya.

5. Minum air putih hangat yang banyak

Minum air hangat dapat membantu tubuh melepaskan panas lebih cepat di dalam tubuh. Minum banyak air juga dapat mencegah anak-anak menjadi dehidrasi (kekurangan cairan dalam tubuh). Karena demam membuat anak kehilangan banyak cairan. Selain air minum, anak-anak juga dapat mengambil cairan dari makanan atau minuman lain, seperti sup, susu panas, dll.

Yang terbaik adalah mencegah anak-anak dari minum kafein, seperti teh, kopi atau minuman bersoda. Minuman ini menyebabkan anak lebih sering buang air kecil, sehingga dikhawatirkan dia akan kehilangan banyak cairan.

6. Berikan parasetamol atau ibuprofen

Kedua jenis obat ini dikenal efektif dalam mengurangi demam. Secara umum, ibuprofen lebih baik karena dapat mengurangi demam pada anak lebih cepat daripada parasetamol. Parasetamol memiliki efek mengurangi panas lebih lambat dari ibuprofen. Sesuaikan dosis obat ini dengan usia anak dan jangan menggunakan dua jenis obat sekaligus. Ibuprofen dapat mengurangi panas lebih cepat, tetapi tidak cocok untuk anak di bawah enam bulan karena memiliki efek samping yang lebih serius dan berbahaya untuk kelompok usia yang lebih muda.

Orang tua dapat membawa anak ke dokter jika demam panas kurang dari seminggu kemudian atau jika panas anak sangat tinggi, yang dapat menyebabkan kejang demam. Jika suhu tubuh anak mencapai suhu 38 ° C untuk anak berusia tiga bulan, atau 39 ° C atau lebih untuk anak usia 3 hingga 6 bulan, anak harus dikenai pengawasan medis.

demam tinggi, demam tinggi pada anak, demam tinggi pada bayi, demam tinggi pada ibu hamil, demam tinggi anak, demam tinggi berapa derajat, demam tinggi dan muntah, demam tinggi kaki dingin, demam tinggi naik turun, demam tinggi dan mimisan, demam tinggi suhu berapa, demam tinggi saat hamil muda, demam tinggi saat malam hari, demam tinggi saat malam, demam tinggi disertai batuk pilek, demam tinggi setiap malam, demam tinggi kepala pusing, demam tinggi step, demam tinggi disertai diare, demam tinggi badan ngilu, demam tinggi tapi telapak tangan dan kaki dingin,

  • Wajah Melorot Sakit Bells palsy Bisa Sembuh

    Wajah Melorot Sakit Bells palsy Bisa Sembuh

    Sebelum hal itu terjadi harus segera melakukan tindakan dengan cara periksakan diri ke dokter, atau dengan mengonsumsi obat herbal nutrinext kapsul. dimana obat herbal nutrinext kapsul ini sangat ampuh dan…

  • Cara Alami Mengatasi Jerawat

    Cara Alami Mengatasi Jerawat

    Habbatussauda di kenal sebagai obat dari berbagai macam penyakit selain kematian, daun bidara juga dapat di jadikan sebagai obat alami karena dapat mengobati berbagai macam penyakit, seperti gangguan jin

  • Tips Anak Agar Tetap Sehat

    Tips Anak Agar Tetap Sehat

    Pepatah lama mengatakan " Kesehatan Itu Mahal Harganya ", nampaknya memang pepatah tersebut tidak berlebihan. Bila menghadapi masalah kesehatan nampaknya uang dikantong tidak akan sulit untuk dikeluarkan. Untuk itu sangat…

  • Cara Menurunkan Kolestrol Secara Alami

    Cara Menurunkan Kolestrol Secara Alami

    asma merupakan salah satu penyakit yang kadang terjadi secara tiba-tiba pada si penderitanya.

  • Resep Sirup Madu Untuk Redakan Batuk Pada Si Kecil

    Resep Sirup Madu Untuk Redakan Batuk Pada Si Kecil

    Bahkan, sebagian besar sirup obat batuk sarat dengan obat penenang, membuat anak-anak mengantuk. Selain itu, sirup ini juga tidak mengobati akar penyebab masalah, yaitu menghilangkan lendir.