Mengenali Gejala Kista Ovarium

Rabu, 27 Maret 2019 | Penyakit
Mengenali Gejala Kista Ovarium
Mengenali Gejala Kista Ovarium - Meskipun tidak dirasakan pada fase awal, tetapi mengenali setiap gejala atau karakteristik kista ovarium sangat penting. Jika dibiarkan terus tumbuh sampai membesar, kista di indung telur dapat terpelintir atau bahkan rusak sehingga menimbulkan risiko serius.

Banyak orang mengatakan bahwa sebagian besar wanita yang mengalami menstruasi memiliki kista di ovarium, setidaknya sekali selama hidup mereka. Kista ovarium adalah kantung kecil berisi cairan yang tumbuh di satu atau kedua ovarium.

Kista ovarium dibagi menjadi beberapa jenis, seperti dermoid dan endometrioma. Selain itu, ada juga kista fungsional yang paling umum, 2 di antaranya adalah kista folikular dan kista corpus luteum. Meskipun para ahli sendiri tidak tahu mengapa wanita tertentu memiliki kista, sedangkan yang lain tidak, tetapi mereka telah berhasil mengidentifikasi penyebab kista.

Beberapa faktor risiko meliputi:
  • Kebiasaan merokok.
  • Genetika
  • Belum pernah hamil.
  • Tidak menyusui
  • Efek obat-obatan tertentu, seperti obat kesuburan atau terapi penggantian hormon.

Ciri-ciri Kista Yang Harus di Waspadai

Pada sebagian besar kista ovarium (tipe fungsional) tidak menimbulkan gejala dan dapat menghilang dengan sendirinya. Namun, ini berbeda dengan kista yang lebih besar. Kista ini dapat menyebabkan rasa sakit dan perasaan tidak nyaman.

Wanita itu juga dapat merasakan bahwa dia memiliki kista, ketika dia memiliki gejala kista ovarium yang parah karena pecah (pecahnya kista menyebabkan perdarahan), atau torsi ovarium (ovarium dipelintir sehingga pasokan darah ke daerah tersebut berhenti). Karena itu, cobalah untuk beberapa gejala dan karakteristik penyakit kistik, yang akan kita bahas di bawah ini.

Jika Anda merasakan ini, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter.Karakteristik dan gejala kista ovarium yang harus diamati:

  1. Nyeri panggul

  2. Perut membesar

  3. Sakit saat bercinta

  4. Frekuensi buang air kecil meningkat

  5. Datangulan tidak begitu normal atau tidak normal

  6. Nyeri saat buang air besar

  7. Mual atau muntah

  8. Pendarahan

  9. Payudara sensitif

  10. Gangguan Makan.


Jadi untuk menghindari berbagai gejala dan gejala penyakit kista, sebaiknya melakukan pemeriksaan ginekologi rutin sehingga jika ada kista, dapat dideteksi dan diobati sejak dini. Itulah sebabnya para ahli merekomendasikan agar Anda segera berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki perubahan dalam siklus menstruasi, nyeri panggul progresif, penurunan berat badan yang drastis tanpa alasan yang jelas, kehilangan nafsu makan atau perut terasa penuh sepanjang waktu.

kista ovarium, kista ovarium icd 10, kista ovarium pdf, kista ovarium ganas, kista ovarium dextra, kista ovarium bilateral, kista ovarium permagna, kista ovarium pecah, kista ovarium usg, kista ovarium penyebab, kista ovarium saat hamil, kista ovarium bilateral adalah, kista ovarium sebelah kanan, kista ovarium terpuntir, kista ovarium 5 cm, kista ovarium sinistra, kista ovarium ppt, kista ovarium coklat, kista ovarium dermoid, kista ovarium 3 cm, kista ovarium academia,

  • Bahaya Pengapuran Tulang dan Sendi

    Bahaya Pengapuran Tulang dan Sendi

    Apakah Anda termasuk orang yang sering mengeluh sakit pada tulang belakang, lutut, tangan atau kaki? Jika ini yang sering Anda temui, ada baiknya untuk tidak mengabaikannya.

  • Cara Menurunkan Panas Tinggi Pada Anak

    Cara Menurunkan Panas Tinggi Pada Anak

    Demam adalah suatu kondisi yang biasa dialami oleh anak-anak. Demam adalah tanda bahwa tubuh sedang berusaha melawan infeksi yang menyerang tubuh. Tapi jangan panik, ibu. Karena tidak semua demam perlu…

  • Wajah Melorot Sakit Bells palsy Bisa Sembuh

    Wajah Melorot Sakit Bells palsy Bisa Sembuh

    Sebelum hal itu terjadi harus segera melakukan tindakan dengan cara periksakan diri ke dokter, atau dengan mengonsumsi obat herbal nutrinext kapsul. dimana obat herbal nutrinext kapsul ini sangat ampuh dan…

  • Cara Alami Mengatasi Jerawat

    Cara Alami Mengatasi Jerawat

    Habbatussauda di kenal sebagai obat dari berbagai macam penyakit selain kematian, daun bidara juga dapat di jadikan sebagai obat alami karena dapat mengobati berbagai macam penyakit, seperti gangguan jin

  • Tips Anak Agar Tetap Sehat

    Tips Anak Agar Tetap Sehat

    Pepatah lama mengatakan " Kesehatan Itu Mahal Harganya ", nampaknya memang pepatah tersebut tidak berlebihan. Bila menghadapi masalah kesehatan nampaknya uang dikantong tidak akan sulit untuk dikeluarkan. Untuk itu sangat…